Responsive Ads Here

Thursday, May 14, 2015

Udang Goreng yang Garing dan Nikmat

Udang Goreng yang Garing dan Nikmat
Udang goreng merupakan makanan yang sangat digemari oleh banyak masyarakat baik di Indonesia maupun dunia.  Udang goreng adalah menu yang banyak sekali penggemarnya dan ada beberapa menu yang bisa dibuat sendiri di rumah antara lain sambal udang gurih dan udang garing saus.

Udang Goreng yang Garing dan Nikmat
Udang Goreng yang Garing dan Nikmat

Udang Goreng yang Garing dan Nikmat
Udang Goreng yang Garing dan Nikmat

Udang Goreng yang Garing dan Nikmat
Udang Goreng yang Garing dan Nikmat

Resep udang goreng
Resep udang goreng yang pertama adalah sambal udang gurih. Bahan untuk sambal yang diperlukan adalah 3 sendok makan minyak goreng, 7 butir bawang merah (iris halus), 7 siung bawang putih (iris halus), 25 cabai rawit merah, 1 sendok makan terasi, ½ sendok teh garam, ½ sendok teh penyedap makanan. Untuk udang gurih, 500 gram udang kecil putih, dan minyak goreng secukupnya. Bahan yang dihaluskan, 5 siung bawang putih,5 buah kemiri (sangrai), 2 cm kunyit bakar, 2 sendok teh penyedap makan, ½ sendok teh garam dan ¼ senok teh merica bubuk. Pelengkap, jeruk limau, tomat, dan selada.
Cara membuat,
·         Sambal, panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga layu. Masukkan terasi, garam, dan penyedap makanan lalu masak hingga sambal matang.
·         Udang gurih, cuci bersih udang lalu tiriskan. Lumuri udang dengan bumbu halus, penyedap makanan, garam, dan merica bubuk. Diamkan selama 10 menit lalu goreng hingga kering dan matang.
·         Siapkan piring, tata nasi putih, beri udang goreng dengan sambal dan lalapan. Sajikan selagi hangat.
Resep udang goreng berikutnya adalah udang garing saus. Bahan yang diperlukan adalah, 500 gram udang sedang yang dibelah punggung, 1 sendok makan air jeruk nipis dan ½ sendok teh garam minyak untuk menggoreng secukupnya. Untuk bahan saus, 1 sendok makan margarine, 1 sendok makan minyak goreng, 1 buah bawang Bombay (potong menurut selera), 5 siung bawang putih (cincang), 1 buah paprika hijau, 1 buah paprika merah, 1 batang daun bawang (potong serong), 3 sendok makan saus tomat, 7 sendok makan saus cabai botol, 3 sendok makan kecap manis, 2 sendok makan madu, 100 ml air, 1 sendok teh garam dan ½ sendok teh merica bubuk.
Cara membuat,
·         Cuci udang hingga bersih, lumuri dengan air jeruk dan garam. Diamkan selama 15 menit dan cuci bersih kembali.
·         Panaskan minyak, goreng udang hingga matang.
·         Saus, panaskan margarine dan sedikit minyak sisa mengoreng, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan saus tomat, saus cabai, kecap manis, madu dan air, aduk rata. Tambahkan garam dan merica bubuk, didihkan. Tambah potongan paprika dan daung bawang, angkat.

·         Masukkan udang dan aduk rata dengan bumbu. Dimakan hangat lebih nikmat.

No comments:

Post a Comment