Wednesday, April 22, 2015

Celorot dan Ongol-ongol Betawi yang Manis

Celorot dan Ongol-ongol Betawi yang Manis
Cerolot dan ongol-ongol betawi adalah kudapan manis tradisional yang wajib disajikan pada sore hari dan disandingkan dengan secangkir teh dan kopi. Kudapan manis memang sangat cocok jika disandingkan dengan secangkir teh atau kopi. Kudapan manis memang sering disajikan pada sore hari untuk menemani waktu istirahat di rumah. Kudapan manis biasanya hanya berupa snack yang kaya akan rempah dan juga harum. Banyak bahan makanan yang bisa dijadikan kudapan manis seperti sarikaya, ubi merah, bahkan hingga ayam. Dan kudapan manis bisa berupa agar-agar, pudding, ongol-ongol, biji salak, kue bahkan hingga makanan khas daerah. Tak ada yang bisa menolak kudapan manis ketika sore hari sebab itulah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga.
Celorot dan Ongol-ongol Betawi yang Manis
Celorot dan Ongol-ongol Betawi yang Manis

Celorot dan Ongol-ongol Betawi yang Manis
Celorot dan Ongol-ongol Betawi yang Manis

Celorot dan Ongol-ongol Betawi yang Manis
Celorot dan Ongol-ongol Betawi yang Manis


Cerolot dan ongol-ongol betawi
Beberapa makana tradisional hingga detik ini masih senang tiasa menemani santap sore pada cuaca yang dingin dan disandingkan dengan secangkir teh hangat. Diantaranya adalah cerolot yang manis dan juga lezat. Bahan yang digunakan untuk membaut cerolot adalah 850 ml santan dari 1 butir kelapa, 250 gram gula merah kemudian iris hingga halus, 250 gram tepung beras, 2 lembar daun pandan, ¼ sendok teh garam, dan daun pisang atau daun kelapa kemudian buat bentuk corong. Untuk adonan santan siapkan 250 ml samtan kental dari ½ butir kelapa, 1,5 sendok makan tepung beras, ½ sendok teh garam.
Cara membuat cerolot cukup mudah hanya dengan 5 langkah.
·         Untuk membuat adonan santan, campurkan semua bahan dan aduk hingga rata kemudian sisihkan.
·         Larutkan tepung beras dengan 200 ml santan.
·         Didihkan sisa santan, gula merah, daun pandan dan garam. Masukkan larutan tepung lalu masak sambil terus diaduk hingga adonan licin kemudian angkat.
·         Siapkan ampas kelapa dan letakkan ke dalam panci pengukus. Susun contong celorot di dalam kelapa parut hingga contong berdiri.
·         Kemudian tuangkan adonan dalam contong celorot. Lalu kukus selama kurang lebih 15 menit hingga benar-benar mengeras.
Ongol-ongol betawi juga merupakan kudapan manis yang wajib disajikan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kudapan manis ini adalah 1 kg singkong yang diparut, 300 gram gula pasir, 3 sendok makan keju parut, ½ bungkus agar-agar, 300 ml santan dari ½ butir kelapa. Bahan untuk taburannya adalah 1 butir kelapa kemudian parut dan ½ sendok teh garam.
Cara untuk membuat ongol-ongol betawi hanya memerlukan 2 langkah mudah.
·         Semua bahan dicampur menjadi satu kemudian aduk hingga rata. Kemudian taruh di atas loyang yang telah dialasi plastic. Kukus kurang lebih 25 menit hingga matang.
·         Setelah dingin kemudian potong-potong. Lalu sajikan dan taburi kelapa parut.



No comments:

Post a Comment