Wednesday, May 13, 2015

Menu Baru dari Sajian Lama

Menu Baru dari Sajian Lama
Bulan puasa selalu dinantikan setiap tahunnya bagi para umat Islam di seluruh dunia terutama untuk masayarakat di Indonesia. Ketika bulan puasa sering kali para kaum hawa membuat banyak sekali menu makan baik untuk berbuka maupun untuk sahur. Sayangnya para kaum hawa tidak memperhitungkan bahwa menu makanan tersebut akan banyak tersisa dan hanya akan dibuang ke tempat sampah. Untuk mengurangi banyaknya makanan yang dibuang alangkah lebih baik jika makan sisa tersebut diolah kembali menjadi makanan baru dari menu lama.
Menu Baru dari Sajian Lama
Menu Baru dari Sajian Lama

Menu Baru dari Sajian Lama
Menu Baru dari Sajian Lama

Menu Baru dari Sajian Lama
Menu Baru dari Sajian Lama



Sajian baru dari menu lama
Ada beberapa resep masakan dari makanan baru namun merupakan olahan dari menu lama. Resep yang pertama adalah semur masak santan. Bahan yang dibutuhkan adalah 3 porsi semur (3 kulit telur dan 3 sayap ayam), 2 lembar daun salam, ¼ sendok teh pala utuh, 2 cm jahe yang dimemarkan, 750 cc santan, 3 sendok makan kecap manis, 2 sendok makan minyak untuk menumis. Untuk bumbu halusnya adalah 3 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, ½ sendok teh merica, 2 buah cabai merah, garam secukupnya.
Cara membuat:
·         Sisihkan telur dan sayap ayam dari kuahnya.
·         Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan dengan daun salam, pala, dan jahe lalu aduk rata. Tambahkan dengan kecap manis dan aduk rata kembali.
·         Masukkan santan lalu masak hingga mendidih dan kuah agak terserap dan aduk hingga rata. Masukkan telur ayam dan sayap ayam lalu masak hingga bumbu meresap pada telur dan sayap kemudian aduk hingga rata.
·         Sajikan hangat dengan nasi hangat pula.
Resep makanan baru dari menu lama selanjutnya adalah tumis hati bumbu manis. Bahan yang diperlukan untuk hidangan ini adalah 2 porsi atau 400 pgram sambal goreng hati sapi, 2 sendok makan minyak goreng, 100 gram jagung putren yang dibelah dua dan potong serong, 100 cc air, 2 sendok makan kecap manis, 1 sendok teh kaldu bubuk. Bumbu yang dibutuhkan adalah 5 butir bawang merah (iris tipis), 2 siung bawang putih (iris tipis), 2 buah cabai merah (iris bulat), 2 buah cabai hijau (iris bulat), ½ tomat merah yang diiris, 2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas yang dimemarkan, garam secukupnya.
Cara membuat:
·         Masak sambal goreng hati hingga kuah meresap dan angkat.
·         Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah, cabai hijau, daun salam, dan lengkuas lalu aduk rata.

·         Tambahkan dengan kecap manis, kaldu bubuk dan garam lalu aduk rata. Setelah bumbu meresap, masukkan jagung putren dan sambal goreng hati lalu aduk rata hingga matang.

No comments:

Post a Comment