Responsive Ads Here

Thursday, May 14, 2015

Serba Tahu Untuk Buka Puasa

Serba Tahu Untuk Buka Puasa
Menu tahu merupakan salah satu menu buka puasa yang kadang tersaji di atas meja makan di seluruh Indonesia. Bulan puasa selalu dinantikan setiap tahunnya bagi para umat Islam di seluruh dunia. Banyak sekali hidangan untuk berbuka puasa yang telah dijual di pasaran, namun jika tidak yakin akan kebersiahan hidangan yang dijual terutama hidangan yang dijual di pinggir-pinggir jalan alangkah lebih baik jika membuat hidangan sendiri.
Serba Tahu Untuk Buka Puasa
Serba Tahu Untuk Buka Puasa

Serba Tahu Untuk Buka Puasa
Serba Tahu Untuk Buka Puasa

Serba Tahu Untuk Buka Puasa
Serba Tahu Untuk Buka Puasa


Hidangan dari tahu
Resep menu tahu yang pertama adalah tahu telur bumbu kecap. Bahan yang diperlukan untuk membuat hidangan tahu ini adalah 2 buah tahu putih besar kemudian potong dadu 2 cm, minyak untuk menggoreng, 100 gram tauge yang telah direbus setengah matang, 4 butir telur kemudian rebus matang lalu goreng. Untuk bumbu saus, 6 buah cabai rawit merah, 4 siung bawang putih yang telah digoreng, 100 ml kecap manis, 250 ml air panas, 2 sendok makan jeruk nipis. Sedangkan untuk taburan siapkan bawang goreng, irisan daun seledri, dan kerupuk udang.
Cara membuat menu tahu ini adalah,
·         Panaskan minyak, goreng tahu hingga kering. Goreng telur hingga kuning keemasan lalu angkat.
·         Saus, haluskan cabai rawit merah dan bawang putih goreng lalu campur dengan kecap manis kemudian tambahkan air panas dan air jeruk nipis.
·         Siapkan piring saji, tata tahu goreng, tauge, dan juga telur. Tuangkan saus dan taburi dengan bawang goreng, irisan seledri, dan kerupuk udang. Sajiakan selagi hangat.
Resep menu tahu yang kedua adalah sup tahu telur. Bahan yang diperlukan, 1 sendok makan minyak goreng, 1 sendok teh wijen, 2 cm jahe (memarkan), 3 siung bawang putih (memarkan), 1,5 liter kaldu ayam, 2 sendok teh garam, ½ sendok teh merica bubuk, 1 ikat sawi hijau (potong-potong). Adonan tahu, 1 buah tahu putih (haluskan), 100 gram udang cincang, 1 sendok makan tepung terigu, 1 butir telur, 1 sendok teh garam, ½ sendok teh merica bubuk, 1 sendok teh gula pasir, 10 butir telur puyuh (rebus matang, kupas). Taburan, irisan daun bawang dan irisan seledri.
Cara membuat,
·         Adonan tahu, campur tahu, udang, sagu, telur, garam, merica, dan gula pasir, aduk rata. Siapkan mangkuk kecil, olesi dengan minyak goreng.
·         Tuangkan adonan tahu ke dalam mangkuk, beri 1 butir telur puyuhyang telah direbus. Kukus selama 15 menit laluangkat kuarkan dari mangkuk.
·         Kuah, panaskan minyak goreng dan minyak wijen, tumis bawang putih hingga harum. Tuangkan ke dalam kaldu ayam lalu didihkan. Tambahkan garam dan merica bubuk, setelah mendidih angkat.

·         Siapkan mangkuk, tata tahu, beri kuah dan taburi irisan bawang dan seledri.

No comments:

Post a Comment