Skip to main content

Olahan Lama untuk Hidangan Baru yang Lezat

Olahan Lama untuk Hidangan Baru yang Lezat
Ketika bulan puasa sering kali para kaum hawa membuat banyak sekali menu makan baik untuk berbuka maupun untuk sahur. Sayangnya para kaum hawa tidak memperhitungkan bahwa menu makanan tersebut akan banyak tersisa dan hanya akan dibuang ke tempat sampah. Sebaiknya dari pada membuang makanan yang telah dimasak lebih baik membuat olahan menu lama dengan mengolah kembali hidangan lama tersebut.

Olahan Lama untuk Hidangan Baru yang Lezat
Olahan Lama untuk Hidangan Baru yang Lezat

Olahan Lama untuk Hidangan Baru yang Lezat
Olahan Lama untuk Hidangan Baru yang Lezat

Olahan Lama untuk Hidangan Baru yang Lezat
Olahan Lama untuk Hidangan Baru yang Lezat


Resep baru dari hidangan lama
Ada beberapa resep olahan menu lama yang menjadi hidangan baru di antaranya adalah sup putih telur dan pais daging rending. Resep yang pertama adalah sup putih telur. Bahan yang harus digunakan untuk membuat hidangan lama yang diolah kembali ini adalah 500 cc putih telur, 200 gram filet ayam yang diiris dadu 1 cm, 100 gram sawi hijau yang dipotong 4 cm, 1 litter air, 3 siung bawang putih yang dimemarkan, 1 sendok makan minyak untuk menumis, ¼ sendok teh merica bubuk, 1/8 sendok teh pala butir, 1 sendok teh kaldu bubuk, garam secukupnya, 1 batang daun bawang yang dipotong serong.
Cara membuat sup putih telur:
·         Taruh putih terlur dalam pinggan lalu kukus hingga mengeras dan matang lalu angakat dan dinginkan.
·         Potong-potong putih telur 2 x 2 x 2 cm dan sisihkan.
·         Panaskan minyak dan tumis bawang putih sebentar.
·         Didihkan air lalu masukkan bawang putih, daging ayam, merica bubuk, pala bubuk, kaldu bubuk, dan garam. Masak hingga ayam matang.
·         Masukkan sawi hijau, putih telur, dan daun bawang lalu aduk hingga rata. Masak hingga kuah mendidih dan matang.
Resep olahan menu lama selanjutnya adalah pais daging rendang. Bahan yang diperlukan untuk membuat hidangan lama yang diolah kembali ini adalah 2 porsi (300 gram) daging rendang, 3 butir telur yang dikocok lepas, 200 cc kantal kental, 100 gram jagung pipilan, 4 butir bawang merah, 3 butir bawang putih, garam secukupnya, cabai merah secukupnya, dan daun pisang secukupnya.
Cara membuat pais daging rendang adalah:
·         Suwir-suwir daging rendang lalu sisihkan.
·         Haluskan bawang merah, bawang putih, dan juga garam. Lalu campur santan kental dengan bumbu halus, jagung pipilan, daging rendang dan bumbunya dan juga telur. Kemudian aduk hingga rata.
·         Siapkan daun pisang lalu tuangkan 1 hingga 2 sendok makan adonan daging rendang. Tambahkan cabai rawit kemudian bungkus dengan bentuk tum dan kemudian semat dengan menggunakan lidi
·         Langkah ketiga adalah panaskan panci pengukus kemudian kukus pias hingga matang. Lalu angkat dan dinginkan.
·         Sajikan dengan nasi hangat.


Comments

Popular posts from this blog

Makanan Pembuka yang Manis dan Asin

Makanan Pembuka yang Manis dan Asin Makanan manis dan asinmerupakan jenis menu yang cocok untuk makanan pembuka saat berbuka ketika bulan puasa. Bulan puasa selalu dinantikan setiap tahunnya bagi para umat Islam di seluruh dunia. Banyak sekali hidangan untuk berbuka puasa yang telah dijual di pasaran, namun jika tidak yakin akan kebersiahan hidangan yang dijual terutama hidangan yang dijual di pinggir-pinggir jalan alangkah lebih baik jika membuat hidangan sendiri seperti makanan pembuka. Ada beberapa resep makanan pembuka yang dapat dibuat sendiri di rumah dan dinikmati bersama keluarga ketika berbuka puasa antara lain adalah banana split dan juga asparagus daging panggang.

Hidangan Sederhana untuk Ulang Tahun

Hidangan Sederhana untuk Ulang Tahun Kadang tidak semua orang ingin merayakan ulang tahun mereka dengan pesta yang meriah dan memilih untuk hanya perayaan kecil-kecilan bersama keluarga. Biasnaya perayaan bersama keluarga tanpa adanya tiup lilin atau cake dan diganti oleh hidangan-hidangan buatan rumah. Ada beberapa jenis hidangan ulang tahun yang dapat dibuat di rumah untuk perayaan kecil-kecilan anatara lain nasi kuning aroma dan sus susun.

Celorot dan Ongol-ongol Betawi yang Manis

Celorot dan Ongol-ongol Betawi yang Manis Cerolot dan ongol-ongol betawi adalah kudapan manis tradisional yang wajib disajikan pada sore hari dan disandingkan dengan secangkir teh dan kopi. Kudapan manis memang sangat cocok jika disandingkan dengan secangkir teh atau kopi. Kudapan manis memang sering disajikan pada sore hari untuk menemani waktu istirahat di rumah. Kudapan manis biasanya hanya berupa snack yang kaya akan rempah dan juga harum. Banyak bahan makanan yang bisa dijadikan kudapan manis seperti sarikaya, ubi merah, bahkan hingga ayam. Dan kudapan manis bisa berupa agar-agar, pudding, ongol-ongol, biji salak, kue bahkan hingga makanan khas daerah. Tak ada yang bisa menolak kudapan manis ketika sore hari sebab itulah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga.