Wednesday, May 13, 2015

Es Segar untuk Menu Berbuka Puasa

Es Segar untuk Menu Berbuka Puasa
Meninum segelas es segar mamapu membunuh dahaga ketika menghadapi hari yang cukup panas terlebih lagi jika disantap ketika berbuka puasa. Bulan puasa selalu dinantikan setiap tahunnya bagi para umat Islam di seluruh dunia. Khususnya di Indonesia, bulan puasa selalu menjadi teristimewa sebab selain bulan penuh berkah, hidangan selama bulan puasa terutama hidangan buka puasa selalu menjadi menu hidangan yang ditunggu-tunggu.
Es Segar untuk Menu Berbuka Puasa
Es Segar untuk Menu Berbuka Puasa

Es Segar untuk Menu Berbuka Puasa
Es Segar untuk Menu Berbuka Puasa

Es Segar untuk Menu Berbuka Puasa
Es Segar untuk Menu Berbuka Puasa


Banyak sekali hidangan untuk berbuka puasa yang telah dijual di pasaran, namun jika tidak yakin akan kebersiahan hidangan yang dijual terutama hidangan yang dijual di pinggir-pinggir jalan alangkah lebih baik jika membuat hidangan sendiri. Salah satu hidangan berbuka puasa yang dapat dibuat sendiri di rumah adalah es segar. Ada beberapa resep es segar yang dapat dibuat di rumah seperti es pelangi senja, es santan siwalan dan setup buah campur.
Resep es segar yang pertama adalah es senja pelangi. Bahan yang diperlukan, 1 bungkus agar-agar bubuk, 75 gram gula pasir, 600 cc air, 3 botol minum soda, 100 cc susu kental manis, pewarna merah, hijau, kuning.  Untuk air gula, 300 cc air, 2 batang cengkeh, 2 cm kayu manis, 25 gram gula pasir.
Cara membuat es segar ini adalah:
·         Rebus air bersama agar-agar dan gula pasir hingga mendidih.
·         Bagi agar-agar menjadi 3 bagian. Beri masing-masing warna merah, hijau dan kuning. Cetak dalam cetakan lalu dinginkan.
·         Potong agar-agar 1x1 x1cm dan sisihkan.
·         Air gula: rebus air bersama gula pasir, cengkeh, dan kayu manis. Mendidih lalu angkat.
·         Taruh agar-agar berselang-seling, tuangkan air gula, soda dan susu kental.
Resep es segar yang kedua adalah es santan siwalan. Bahan yang diperlukan, 50 ml santan, sirup merah secukupnya, 10 buah siwalan/sari kelapa (potong-potong), 200 gram kolang-kaling merah dalam sirup (iris), 200 gram tape singkong (potong dadu), dan es batu/serut.
Cara membuat:
·         Rebus santan dengan daun pandan dan ¼ sendok teh garam.
·         Siapkan gelas, tuang singkong, siwalan, dan kolang-kaling. Tuangkan santan secukupnya, beri es batu/serut. Segera sajikan.
Resep es segar terakhir adalah setup buah campur. Bahan sirup, 400 gram gula pasir, 750 ml air, 5 cm kayu manis, 2 buah kapulaga, 5 biji cengkeh. Untuk isi, 1 buah nanas potong bentuk kipas, 350 gram pepaya (bentuk bulat), 350 gram semangka (bentuk bulat), 5 buah jambu biji (potong menurut selera).
Cara membuat:
·         Sirup, masak gula pasir bersama air, kayu manis, kapulaga dan cengkeh hingga mendidih dan mengental.
·         Setelah dingin masukkan nanas, pepaya, semangka, dan jambu biji. Aduk rata lalu simpan dalam lemari pendingin. Sajikan dingin.



No comments:

Post a Comment