Responsive Ads Here

Wednesday, April 22, 2015

Burger Oriental yang Menggugah Selera

Burger Oriental yang Menggugah Selera
Burger bumbu ngohiang merupakan salah satu menu sarapan yang lezat, praktis dan juga mengeyangkan. Tak dapat dipungkiri manusia membutuhkan makan untuk menambah energy mereka dalam mengerjakan banyak aktifitas baik secara fisik maupun secara pikiran. Sarapan merupakan sumber tenaga yang baik sebelum memulai banyak aktivitas. Para ahli berpendapat seseorang yang melakukan makan pagi atau sarpan membuat daya serap otak lebih baik ketimbang seseorang yang tidak melakukan sarapan. Sebaiknya menu sarapan tidak terlalu berat namun tetap mengeyangkan hingga waktu makan siang. Menu sarapan haruslah mengandung banyak nutrisi serta serat yang menambah tenaga. Di Indonesia sendiri banyak orang yang memilih nasi sebagai menu sarapan mereka namun ada juga yang memilih untuk memakan sepotong hingga 2 potong roti beserta secangkir kopi untuk menu sarapan mereka. Salah satu menu sarapan yang umum disajikan di atas meja makan adalah sandwich atau sering disebut dengan roti isi.
Burger Oriental yang Menggugah Selera
Burger Oriental yang Menggugah Selera

Burger Oriental yang Menggugah Selera
Burger Oriental yang Menggugah Selera

Burger Oriental yang Menggugah Selera
Burger Oriental yang Menggugah Selera


Burger bumbu ngohiang
Seperti sebelumnya burger bagi masyarakat Indonesia disantap kapan pun mereka mau dan lapar. Salah satu menu sarapan pagi dengan roti adalah burger bumbu ngohiang. Bahan-bahan untuk membuat burger jenis ini adalah 4 buah roti burger kemudian belah menjadi dua, 450 gram daging sapi cincang tak perlemak, 100 gram jamur hioko yang telah direndam, kemudian diiris tipis dan ditumis, 2 batang daun bawang dan iris hingga halus, 6 sendok makan saus plum botol, 2 sendok makan soy sauce, 1 sendok teh minyak wijen, 1 sendok teh bawang putih cincang, ½ sendok teh bumbu ngohiang bubuk. ½ sendok teh jahe bubuk, 1 butir telur, garam secukupnya, 1 sendok teh minyak zaitun, 1 sendok teh minyak canola, daun selada secukupnya.
Cara membuat burger bumbu ngohiang.
·         Langkah pertama, panaskan minyak canola dengan menggunkan api sedang, kemudian masukkan jamur hioko aduk-aduk selama 4 menit. Selanjutnya masukkan daun bawang, saus plum lalu aduk hingga matang dan sisihkan.
·         Langkah kedua, campur daging cincang dengan soy sauce, minyak wijen, bawang putih, ngohiong bubuk, dan juga jahe. Kemudian buat adonan tersebut berbentuk bult pipih sebanyak empat buah dengan ketebalan 1 ½ cm.
·         Langkah ketiga, panaskan pan anti lengket dengan menggunakan minyak zaitun lalu grill daging hingga benar-benar matang kemudian sisihkan.
·         Langkah keempat, letakkan daun selada di dasar roti burger, kemudian taruh daging burger yang telah digrill, tambahkan tumis jamur, bumbui dengan garam secukupnya, terakhir tutup dengan roti burger. Setelah itu burger bumbu ngohiang siap untuk disajikan diatas meja makan atau dipergunakan sebagai bekal dan disajikan bersama satu gelas susu hangat untuk sarapan yang menambah tenaga.


No comments:

Post a Comment