Responsive Ads Here

Wednesday, May 13, 2015

Berbuka dengan Hidangan Gurih dan Pedas

Berbuka dengan Hidangan Gurih dan Pedas
Bulan puasa selalu dinantikan setiap tahunnya bagi para umat Islam di seluruh dunia. Banyak sekali hidangan untuk berbuka puasa yang telah dijual di pasaran, namun jika tidak yakin akan kebersiahan hidangan yang dijual terutama hidangan yang dijual di pinggir-pinggir jalan alangkah lebih baik jika membuat hidangan sendiri seperti beberapa hidangan gurih dan pedas.
Berbuka dengan Hidangan Gurih dan Pedas
Berbuka dengan Hidangan Gurih dan Pedas

Berbuka dengan Hidangan Gurih dan Pedas
Berbuka dengan Hidangan Gurih dan Pedas

Berbuka dengan Hidangan Gurih dan Pedas
Berbuka dengan Hidangan Gurih dan Pedas


Sajian gurih nan pedas
Ada beberapa resep hidangan gurih dan pedas yang dapat dibuta beberapa di antaranya adalah bacem putih telur dan mangut ikan pari. Resep hidangan yang pertama adalah bacem putih telur. Bahan yang digunakan untul membuat hidangan gurih dan pedas ini adalah 300 gram putih telur yang dikukus dan dipotong 5 x 5 x 1 cm, 500 cc air kelapa, 100 gram gula jawa, 2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas yang dimemarkan, dan minyak untuk menggoreng. Untuk bumbu halus adalah 3 siung bawng putih, ½ sendok makan ketumbar, dan ½ sendok teh garam.
Cara membuat hidangan lezat ini adalah:
·         Langkah pertama adalah siapkan panci lalu masukkan putih telur, air kelapa, bumbu yang telah dihaluskan, gula jawa, daun salam dan juga lengkuas. Kemudian masak hingga semua air meresap lalu angkat dan tiriskan.
·         Langkah kedua adalah panaskan minyak goreng, kemudian goreng bacem putih telur hingga kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
·         Semua bahan yang tertulis diresep dapat digunakan untuk 6 potong.
Resep hidangan gurih dan pedas selanjutnya adalah mangut ikan pari. Bahan yang dibutuhkan untuk hidangan ini adalah 200 gram ikan pari asin yang dicuci dnegan air panas, 400 cc santal kental, 1 sendok teh gula jawa, 2 lembar daun salam, 1 batang serai yang dimemarkan, 2 lembar daun jeruk, 2 cm lengkuas yang dimemarkan, dan minyak untuk menggoreng. Untuk bumbu halusnya adalah 4 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 buah cabai merah yang dihaluskan, 2 butir kemiri, ½ sendok teh garam.
Cara membuat hidangan gurih dan pedas ini adalah:
·         Panaskan minyak lalu goreng ikan pari asin hingga kering dan tiriskan.
·         Langkah kedua, panaskan 2 sendok makan minyak sisa menggoreng lalu tumis bumbu hingga harum. Masukkan gula jawa, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan juga serai. Kemudian aduk hingga benar-benar rata.
·         Langkah ketiga adalah tuangkan santan dalam tumisan tersebut kemudian masukkan ikan pari yang telah digoreng. Aduk hingga benar-benar rata dan matang hingga bumbu benar-benar meresap pada ikan pari goreng.
·         Untuk penyajiannya, tuangkan mangut ikan pari dalam manggkuk saji lalu hiasi atasnya dengan potongan seledri.
·         Semua bahan yang tertulis diresep dapat digunakan untuk 2 porsi.


No comments:

Post a Comment