Responsive Ads Here

Wednesday, April 22, 2015

Rempah Alami untuk Kue Kering

Rempah Alami untuk Kue Kering
Jahe kacang dan tiptop selai kacang adalah kue kering yang berbahan dasar kacang nan gurih. Kudapan snack memang sangat cocok jika disandingkan dengan secangkir teh atau kopi dan disajikan pada sore hari sambil menikmati waktu beristirahat bersama dengan keluarga atau disajikan pada para tamu dalam acara formal maupun non formal. Salah satu kudapan yang cocok adalah kue kering untuk disajikan dalam toples cantik.
Rempah Alami untuk Kue Kering
Rempah Alami untuk Kue Kering


Rempah Alami untuk Kue Kering
Rempah Alami untuk Kue Kering


Rempah Alami untuk Kue Kering
Rempah Alami untuk Kue Kering



Kue kering manis dan lezat
Jahe kacang dan tiptop selai kacang memang berbahan dasar kacang-kacangan namun juga dicampur dengan rempah lain seperti jahe dan cengkeh yang telah lama dipercaya untuk menyehatkan badan. Untuk membuat kue kering seperti jahe kacang cukup mudah hanya dengan 5 langkah. Bahan-bahan untuk membuat kue kering jahe kacang adalah tepung terigu 200 gram, tepung maizena 25 gram, gula halus 100 gram, kuning telur 2 butir, margarine 125 gram, mentega 25 gram, vanilli bubuk 1 sendok teh, garam 1 sendok teh, kacang tanah 50 gram (sangria dan haluskan), dan jahe bubuk 15 gram. Untuk hiasan kue kering tersebut membutuhkan kacang 25 gram (sangria dan cincang kasar) dan jelly merah 50 gram.
Cara membuat kue kering jahe kacang.
·         Kocok margarine, mentega, dan juga gula halus hingga benar-benar lembut. Tembahkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok hingga adonan menyatu.
·         Masukkan tepung terigu, tepung maizena, vanilli bubuk, garam, kacang tanah yang dihaluskan, dan jahe bubuk kemudian aduk hingga rata.
·         Gilas adonan setebal ½ cm lalu bentuk sesuai dengan selera.
·         Letakkan adonan di atas loyang datar yang telah diolesi dengan margarine dan taburi permukaan dengan kacang tanah cincang dan jelly merah.
·         Penggang adonan dalam oven dengan suhu 140 derajat celcius selama 15 menit. Angkat dan dinginkan, setelah dingin sajikan dengan memasukkannya dalam toples kaca.
Kue kering yang dapat menjadi sajian pada acara selain jahe kacang adalah tiptop selai kacang. Kue kering ini juga cukup mudah dibuat hanya dengan bahan-bahan seperti margarine 100 gram, mentega 50 gram, gula pasir 100 gram, vanilli bubuk ½ sendok teh, kuning telur 2 butir, tepung terigu 250 gram, tepung maizena 1 sendok teh, selai kacang 100 gram, cengkeh secukupnya.
Cara membuat tiptop selai kacang.
·         Kocok margarine, mentega, gula pasir, vanilli bubuk dan kuning telur hingga gula larut. Kemudian masukkan bahan lain dan aduk hingga rata.
·         Bentuk adonan bulat-bulat sebesar kelereng. Kemudian atur adonan di atas loyang datar bersemir mergarin.
·         Oleskan kuning telur dan beri cengkeh di atasnya. Panggang dalam oven bersuhu 150 derajat celcius selama 20 menit. Angkat dan sajikan dalam toples kaca.




No comments:

Post a Comment