Wednesday, April 22, 2015

Manis dan Gurihnya Getuk Tradisional

Manis dan Gurihnya Getuk Tradisional
Getuk adalah kudapan manis yang berasal dari wilayah Jawa dan hingga kini masih dapat dijumpai beraneka ragamnya. Kudapan manis memang sangat cocok jika disandingkan dengan secangkir teh atau kopi. Dan kudapan manis bisa berupa agar-agar, pudding, ongol-ongol, biji salak, kue bahkan hingga makanan khas daerah.
Manis dan Gurihnya Getuk Tradisional
Manis dan Gurihnya Getuk Tradisional

Manis dan Gurihnya Getuk Tradisional
Manis dan Gurihnya Getuk Tradisional

Manis dan Gurihnya Getuk Tradisional
Manis dan Gurihnya Getuk Tradisional


Kudapan manis tradisional jawa
Salah satu kudapan manis tradisional yang berasal dari daerah Jawa adalah getuk. Namun dewasa ini getuk tidak hanya dibuat dari bahan dasar ketela melainkan dapat dibuat dari bahan seperti talas. Ada beberapa jenis getuk, beberapa diantaranya adalah getuk talas siram kinca dan getuk gulung nangka pandan.
Untuk membuat getuk talas siram kinca membutuhkan bahan-bahan seperti talas tua 1 kg, daun pandan 2 lembar, kelapa setengah tua ¼ buah lalu kupas dan parut panjang, dan garam ¼ sendok teh. Sedangkan bahan untuk kincanya adalah, gula merah 100 gram kemudian iris halus, air 50 ml, dan daun pandan 1 lembar.
Cara membuat getuk talas siram kinca membutuhkan 5 langkah.
·         Kupas talas, potong tebal kemudian cuci hingga bersih. Campurkan dengan 1 lembar daun pandan kemudian kukus selama 20 menit hingga talas matang dan lunak.
·         Selagi panas haluskan talas hingga lembut dan cetak sesuai dengan selera.
·         Campurkan kelapa parut, garam dan 1 lembar daun pandan dan kukus selama 10 menit.
·         Untuk saus kinca, campurkan semua bahan dan masak di atas api kecil hingga mendidih dan mengental kemudian di saring.
·         Atur potongan getuk talas di atas piring lalu taburi kelapa parut dan siram saus kinca secukupnya. Sajikan selagi hangat.
Variasi lain getuk adalah getuk gulung nangka pandan. Bahan yang digunakan untuk membut hidangan ini adalah singkong 500 gram, gula pasir halus 200 gram, margarine 2 sendok makan, vanilli bubuk ½ sendok teh, pasta nangka 1 sendok teh, dan pasta pandan ½ sendok makan.
Cara membuat getuk gulung nangka pandan.
·         Kupans singkong, buang sumbu bagian tengahnya. Cuci hingga bersih lalu kukus hingga matang dan lunak.
·         Haluskan singkong kukus selagi panas kemudian angkat dan masukkan ke dalam food processor.
·         Tambahkan gula, margarine, dan vanilli bubuk. Proses hingga lembut dan tercampur dengan rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian, satu bagian campur dengan pasta nangka dan aduk rata.
·         Satu bagian campur dengan pasta pandan. Proses kembali di food processor hingga rata.
·         Ambil adonan nangka giling tipis. Lakukan juga pada adonan pandan. Letakkan adonan nangka dan tumpuk dengan adonan pandan.

·         Tekan hingga adonan melekat, gulung dan padatkan. Diamkan sejenak lalu potong sesuai selera. Sajikan dengan taburan kelapa parut.

No comments:

Post a Comment