Responsive Ads Here

Wednesday, April 22, 2015

Agar-agar Segar untuk Kudapan Sore Hari

Agar-agar Segar untuk Kudapan Sore Hari
Agar-agar adalah kudapan manis paling sering disajikan untuk pendamping secangkir kopi atau teh pada sore hari. Kudapan manis memang sangat cocok jika disandingkan dengan secangkir teh atau kopi. Kudapan manis memang sering disajikan pada sore hari untuk menemani waktu istirahat di rumah. Kudapan manis biasanya hanya berupa snack yang kaya akan rempah dan juga harum. Banyak bahan makanan yang bisa dijadikan kudapan manis seperti sarikaya, ubi merah, bahkan hingga ayam. Dan kudapan manis bisa berupa agar-agar, pudding, ongol-ongol, biji salak, kue bahkan hingga makanan khas daerah. Tak ada yang bisa menolak kudapan manis ketika sore hari sebab itulah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga.
Agar-agar Segar untuk Kudapan Sore Hari
Agar-agar Segar untuk Kudapan Sore Hari

Agar-agar Segar untuk Kudapan Sore Hari
Agar-agar Segar untuk Kudapan Sore Hari

Agar-agar Segar untuk Kudapan Sore Hari
Agar-agar Segar untuk Kudapan Sore Hari


Agar-agar sarikaya rempah dan pudding agar-agar ubi
Ada beberapa kudapan agar-agar yang sering disajikan seperti agar-agar sarikaya rempah yang benar-benar kaya akan rempah-rempah yang sehat untuk tubuh. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat agar-agar sarikaya rempah adalah 1 bungkus agar-agar putih, 100 ml air, 500 ml santan ½ butir kelapa parut, 100 gram gula merah kemudian iris halus, 2 lembar daun pandan, 2 lembar daun jeruk purut, 2 cm kayumanis, 1 cm jahe kemudian iris, dan ½ sendok teh garam.
Cara membuat agar-agar sarikaya rempah cukup mudah dengan hanya 4 langkah.
·         Masukkan santan, gula merah, daun jeruk, daun pandan, kayumanis, jahe dan garam hingga mendidih kemudian saring dan sisihkan.
·         Campur agar-agar dan juga air kemudian aduk rata hingga larut.
·         Campur santan panas dengan larutan agar-agar. Masak hingga mendidih kemudian angkat.
·         Terakhir, tuang di dalam loyang dan kemudian biarkan beku lalu potong dan sajikan dengan teh atau kopi.
Jenis agar-agar yang kedua adalah pudding agar-agar ubi yang manis dan sehat. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pudding agar-agar ubi adalah 1 bungkus agar-agar, 250 ml air, 100 gram gula pasir, 100 gram ubi ungu kemudian kukus dan haluskan, 250 ml santan dari ½ butir kelapa, ¼ sendok makan garam, 2 lembar daun pandan.
Cara untuk membaut pudding agar-agar ubi cukup mudah hanya dengan menggunakan 2 langkah saja.
·         Langkah pertama, campurkanlah agar-agar dengan air dan gula pasir masak hingga mendidih. Masukkan ubi, santan, garam, dan juga daun pandan kemudian masak hingga benar-benar mendidih.
·         Langkah kedua adalah tuang ke dalam catakan-cetakan kecil yang telah dibasahi dengan air. Kemudian bekukan di dalam lemari pendingin setelah itu keluarkan dan sajikan dengan the atau kopi hangat.
Ubi jalar memang merupakan makanan istemewa yang kaya akan betakarotin yang menguatkan sistem imun untuk meningkatkan pertahanan tubuh. Ubi jalar juga membatu untuk menetralisir toksin berbahaya.


No comments:

Post a Comment