Responsive Ads Here

Thursday, April 16, 2015

Masakan Udang dan Cumi Istimewa



Masakan Udang dan Cumi Istimewa
Makan seafood lainnya yang juga banyak digemari adalah menu udang dan cumi. Ada sebagian orang yang memilih makanan hanya karena lapar semata namun tidak mengindahkan nilai gizi yang terdapat di dalam makanan tersebut. Untuk mencegah hal-hal tersebut alahkan baiknya untuk membuat makanan yang akan dikonsumsi sendiri..

 
Masakan Udang dan Cumi Istimewa
Masakan Udang dan Cumi Istimewa

Masakan Udang dan Cumi Istimewa
Masakan Udang dan Cumi Istimewa

Masakan Udang dan Cumi Istimewa
Masakan Udang dan Cumi Istimewa


Resep istimewa udang dan cumi
Beberapa resep menu udang dan cumi dapat disajikan di rumah antara lain salad calamari pedas dan kari udang.
Resep menu udang dan cumi yang pertama adalah salad calamari pedas. Bahan yang diperlukan adalah 2 buah cabai merah besar buang biji dan iris halus, 2 buah cabai rawit merah buang biji dan iris halus, 3 batang daun bawang iris halus, 2 siung bawang putih memarkan, 1 buah jeruk lemon besar peras sarinya, 1 sendok makan balsamic vinegar, 5 sendok makan extra virgin olive oil, 1 kg cumi, garam dan merica bubuk secukupnya, 100 gram daun selada.
Cara membuatnya adalah :
·         Campurkan cabai, daun bawang, bawang putih, 1 sendok makan sari lemon, blasimic vinegar, dan 4 sendok minyak dalam mangkuk besar. Tambahkan garam dan merica lalu adauk hingga rata.
·         Letakkan cumi dalam mangkuk dan siram dengan sisa minyak.
·         Panaskan ½ sendok teh minyak canola lalu masukkan cumi dan masak selama 2 menit tiap sisi hingga melengkung dan matang.
·         Siram dengan bumbu kemudian simpan di kulkas selama setengah jam.
·         Tata daun selada di piring saji. Tuang cumi dan bumbunya lalu sajikan sebagai hidangan pembuka.
Resep menu udang dan cumi selanjutnya adalah kari udang. Bahan yang dipersiapkan, 400 gram udang hijau kupas, 12 buah kentang kecil, 1 buah bawang Bombay iris tipis, 2 siung bawang putih cincang halus, 1 buah cabai merah besar buang biji iris halus, 2 sendok makan pasta kari, 1 sendok makan fish sauce, 1 sendok makan sari jeruk nipis, daun kemangi dan daun ketumbar untuk hiasan, 400 ml santan, 200 ml air, 1 sendok makan minyak canola.
Cara membuatnya adalah:
·         Panaskan minyak dengan api sedang. Tumis bawang Bombay selama 3 menit hingga lunak lalu masukkan bawang putih, cabai merah, dan aduk salama 1 menit. Tambah pasta kari aduk hingga harum selama 2 menit.
·         Masukkan kentang, santan, dan air. Masak hingga mendidih. Kecilkan api dan masak kembali selama 10 menit hingga kentang hampir empuk.
·         Masukkan udang dan masak hingga kentang empuk dan udang matang.
·         Beri fish sauce, sari jeruk nipis. Angkat dari api lalu aduk-aduk kemudian tuang ke mangkuk saji, taburi dengan daun kemangi dan daun ketumbar. Sajikan dengan irisan jeruk.

No comments:

Post a Comment