Thursday, April 16, 2015

Masakan Khas Asia yang Mendunia



Masakan Khas Asia yang Mendunia
Makanan khas Asia menjadi salah satu menu makanan yang telah dicicipi hampir seluruh warga dunia. Setiap orang mempunyai selera dan toleransi terhadap makanan sangat berbeda-beda. Untuk mencegah hal-hal tersebut alahkan baiknya untuk membuat makanan yang akan dikonsumsi sendiri.


Masakan Khas Asia yang Mendunia
Masakan Khas Asia yang Mendunia

Masakan Khas Asia yang Mendunia
Masakan Khas Asia yang Mendunia

Masakan Khas Asia yang Mendunia
Masakan Khas Asia yang Mendunia

Resep masakan khas Asia
Makanan khas Asia sepertinya telah melanglang buana hingga seluruh penjuru dunia. Di setiap Negara di dunia telah mengenal dan sebagian besar telah mencicipi lezatnya rempah-rempah Asia. Ada 2 resep makanan khas Asia yang dapat disajikan sendiri di rumah.
Resep masakan khas Asia yang pertama adalah udang Szechuan. Bahan yang diperlukan adalah 500 gram udang tidak dikupas dan kerat punggungnya. Untuk saus, 1 sendok makan saus tomat botol, 1 sendok makan saus sambal botol, 1 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan gula plum, ½ sendok teh garam, ¼ sendok teh cabai merah cincang, 1 sendok makan tepung kanji, lalu campur semua bahan tersebut hingga rata. Bahan saus lainya, 1 sendok makan minyak canola, 2 batang daun bawang lalu iris halus, 2 sendok makan jahe parut, dan 1 sendok makan bawang putih cincang.
Cara membaut udang Szechuan adalah :
·         Panaskan minyak, masukan jahe, bawang putih dan daun bawang lalu aduk rata hingga harum. Masukkan udang dan aduk rata
·         Masukkan 2 sendok makan air dan aduk. Masak udang hingga merah lalu masukkan saus aduk-aduk hingga matang.
·         Sajikan hangat dengan menggunakan nasi.
Resep yang kedua adalah sapi lada hitam ala Vietnam. Bahan yang digunakan, 400 gram daging sapi dan potong 1 cm, garam dan lada hitam tumbuk secukupnya, 2x1 sendok makan minyak canola, 4 siung bawang putih cincang, dan 1 buah bawang Bombay potong juring. Untuk saus, 2 sendok makan kecap ikan, 1 sendok makan kecap asin, 2 sendok makan sari jeruk nipis, dan 3 sendok makan gula merah lalu semua bahan dicampur hingga rata. Untuk taburan, 2 sendok makan kacang tanah panggang dan cincang, 1 sendok teh wijen, 2 batang daun bawang iris serong, 2 siung bawang putih cincang,
Cara membautnya adalah :
·         Campur daging, garam dan lada hitam lalu aduk dan diamkan selama 5 menit.
·         Panaskan 1 sendok makan minyak, tumis bawang putih lalu masukkan daging sapi dan masak hingga kecoklatan.
·         Masukkan bahan saus, aduk-aduk, angkat dan sisihkan.
·         Panaskan 1 sendok makan minyak lalu tumis bawang Bombay hingga layu lalu masukkan daging dan aduk-aduk hingga benar-benar matang.
·         Terakhir adalah sajikan selagi panas dengan taburan di atasnya dan nasi yang hangat pula.

No comments:

Post a Comment