Sunday, May 24, 2015

Resep Masakan Khas Nusantara

Resep Masakan Khas Nusantara
Indonesia di kenal sebagai Negara yang manjemuk dengan beraneka ragam budaya yang terus bertahan dan berkembang hinga detik ini. Salah satu budaya Indonesia yang masih dipertahankan adalah masakan daerah yang kaya akan bumbu istimewa pada setiap daerahnya. Bebebrapa menu daerah di antaranya adalah udang asam kue ueng dan kengan geluk alek.

Resep Masakan Khas Nusantara
Resep Masakan Khas Nusantara

Resep Masakan Khas Nusantara
Resep Masakan Khas Nusantara

Resep Masakan Khas Nusantara
Resep Masakan Khas Nusantara

Resep masakan khas daerah
Resep masakan daerah yang pertama adalah udang asam kue ueng. Bahan yang diperlukan adalah 200 gr udang segar yang dikupas, rebus, dan dibuat kaldunya, 150 gr cumi potong kembang dan rebus, 15 gr ikan kakap yang dipotong-potong lalu digoreng, 100 gr jamur merah (kancing) yang direndam dan potong-potong, 2 btg serai bagian putih yang diiris halus, 3 lbr daun jeruk yang disobek-sobek, 1 ruas lengkuas yang digeprek, 5 buah cabai rawit utuh, 2 sdm air jeruk lemon/nipis, 3 bh belimbing sayur yang dipotong-potong, 1 genggam daun ketumbar, 1 btng daun bawang yang dipotong serong, lada dan garan secukupnya, minyak goreng untuk menumis dan penyedap makanan. Sedangkan bumbu yang dihaluskan adalah 3 bh cabai merah kering, 5btr bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 sdm ebi, 2 bh bawang rawit, 1 sdm gula merah.
Cara membuat masakan ini:
·         Didihkan kaldu udang.
·         Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Masukkan serai, daun jeruk, dan lengkuas lalu aduk rata. Masukkan udang, cumi, ikan dan jamur kemudian beri tomat, belimbing sayur, air jeruk lemon/nipis. Bumbui garam, lada, penyedap makanan lalu masak hingga semua bahan matang.
Resep masakan daerah yang kedua adalah kengan geluk alek. Bahan yang dibutuhkan adalah 250 gram iga sapi berdaging, 1 liter air, 100 gram labu kuning yang dipotong dadu dan rebus sebentar, 200 gram bayam, garam dan lada secukupnya, dan juga penyedap makanan. Sedangkan untuk bahan bumbu halusnya adalah 1 sendok makan beras yang direndam selama 1 jam, 3 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, ½ sendok teh lada, 1 ruas temu kunci. Untuk bahan nasi jagung bahan yang disiapkan adalah 100 gram jagung pipil kering yang direndam selama 2 jam, 300 ml air, 2 buah cabai merah yang ditumbuk kasar dan penyedap makanan.
Cara membuat adalah:
·         Rebus iga sapi dengan air hingga empuk. Masukkan labu kuning dan bumbu yang dihaluskan dan biarkan hingga mendiudih.
·         Masukkan bayam, garam, lada, dan penyedap makanan. Setelah matang angkat dan sisihkan.
·         Membuat nasi jagung: aron jagung dengan air dan penyedap makanan hingga mengering dan aduk rata. Kukus hingga matang dan taburi dengan cabai merah.

·         Sajiakan keduanya selagi hangat.

No comments:

Post a Comment