Responsive Ads Here

Wednesday, April 22, 2015

Manis dan Asin Kue Pisang Ayam

Manis dan Asin Kue Pisang Ayam
Kue pisang ayam merupakan kudapan manis dan asin yang cocok untuk santap sore bersama keluarga. Kudapan manis memang sangat cocok jika disandingkan dengan secangkir teh atau kopi. Kudapan manis memang sering disajikan pada sore hari untuk menemani waktu istirahat di rumah. Kudapan manis biasanya hanya berupa snack yang kaya akan rempah dan juga harum. Banyak bahan makanan yang bisa dijadikan kudapan manis seperti sarikaya, ubi merah, bahkan hingga ayam. Dan kudapan manis bisa berupa agar-agar, pudding, ongol-ongol, biji salak, kue bahkan hingga makanan khas daerah. Tak ada yang bisa menolak kudapan manis ketika sore hari sebab itulah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga.
Manis dan Asin Kue Pisang Ayam
Manis dan Asin Kue Pisang Ayam

Manis dan Asin Kue Pisang Ayam
Manis dan Asin Kue Pisang Ayam

Manis dan Asin Kue Pisang Ayam
Manis dan Asin Kue Pisang Ayam


Membuat kue pisang ayam
Kue pisang ayam adalah kudapan yang istimewa sebab mencampurkan antara rasa manis dan rasa asin yang bercampur di dalam mulut. Kue ini sangat cocok disandingkan dengan secangkir teh hangat dengan uap mengepul. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kulit kue adalah 250 gram tepung beras, 400 ml santan dari ¼ butir kelapa, 1 lembar daun pandan, garam secukupnya, 75 gram gula pasir, 75 gram tepung kanji, 100 ml santan dari ¼ butir kelapa. Untuk bahan isian kue bahan yang harus disiapkan adalah 100 gram pepaya muda kemudian parut korek api lalu beri garam kemudian aduk hingga rata, cuci, dan tiriskan, 100 gram daging dada ayam rebus kemudian suwir-suwir, 2 lembar daun jeruk purut, 2 batang serai lalu memarkan, 2 lembar daun salam, garam dan gula pasir secukupnya, 50 ml santan dari ¼ butir kelapa, dan juga 2 sendok makan minyak canola. Untuk bahan bumbu halus adalah 3 suing bawang putih, 3 butir bawang merah, 2 cm kencur, 1 butir kemiri goreng, ½ sendok teh ketumbar bubuk, garam dan merica bubuk secukupnya, 10 lembar daun pisang lebar 7 cm.
Cara membuat kue pisang ayam hanya memerlukan 6 langkah.
·         Campurkan tepung beras dengan 400 ml santan, daun pandan, garam, gula pasir. Aduk hingga rata dan masak hingga kental kemudian sisihkan.
·         Campurkan tepung kanji dengan 100 ml santan kemudian aduk rata dan masukkan ke dalam adonan tepung beras dan aduk-aduk lalu sisihkan.
·         Tumis bumbu halus dengan 2 sendok makan minyak sampai harum.
·         Masukkan pepaya, daging ayam, daun jeruk, serai, daun salam, garam, dan gula pasir. Kemudian aduk-aduk lalu masukkan santan dan aduk hingga kental.
·          Siapkan selembar daun pisang, beri 2 sendok makan adonan tepung dan ratakan. Kemudian beri 1 sendok isian ayam lalu tutup dengan adonan lagi dan bungkus berbentuk segitiga pipih.

·         Kukus selama 15 menit hingga matang kemudian sajikan.

No comments:

Post a Comment