Wednesday, April 22, 2015

Makanan Lezat yang Menjadi Obat

Makanan Lezat yang Menjadi Obat
Sudah banyak beredar kabar bahwa ada beberpa jenis makanan sebagai obat dan telah banyak juga para peneliti yang mencoba untuk meneliti beberapa jenis makanan sehari-hari yang dapat dijadikan obat. Makanan adalah hal yang wajib diperlukan oleh seseorang jika ia ingin bertahan hidup dan menambah tenaga untuk beraktivitas. Makan seperlunya dan menjaga apa saya yang masuk ke dalam tubuh adalah hal yang paling penting agar tubuh tetap sehat dan segar bugar. Bahan makanan yang baik untuk tubuh terutama untuk pencernaan banyak di pasaran hanya pintar-pintar untuk memilih mana yang paling bagus dan tepat untuk tubuh diri sendiri. Bahan makanan yang baik seperti umbi-umbian, nasi, buah-buahan dan juga sayur-sayuran mempunyai manfaatnya tersendiri.
Kini makanan tidak hanya dipandang sebagai pemikat mulut dan pengisi perut saja. Masyarakat di Negara-negara maju telah banyak memanfaatkan makanan untuk kepentingan kesehatan. Mereka telah menyadari betapa pentingnya khasiat dari makanan sebagai obat sehingga memunculkan istilah makanan fungsional (fungsional food). Beberapa penyakit sehari-hari nyeri, influenza, atau rasa lesu ternyata bisa diatasi oleh makan tertentu. Selain itu makanan sebagai obat sudah ditempatkan sebagai bagian dari terapi penyakit berat seperti stroke, jantung koroner, atau kanker.
Makanan Lezat yang Menjadi Obat
Makanan Lezat yang Menjadi Obat

Makanan Lezat yang Menjadi Obat
Makanan Lezat yang Menjadi Obat

Makanan Lezat yang Menjadi Obat
Makanan Lezat yang Menjadi Obat


Makanan pereda nyeri
Makanan sebagai obat nyeri dan ngilu pada persendian dapat mengkonsumsi makanan yang kaya kalium dan vitamin B6 khususnya pisang segar atau menyantap kenari dapat sedikit mengurangi nyeri sendi. Nyeri ketika datang bulan dapat menyantap brokoli yang telah dijus dan minum jus brokoli ini beserta seratnya. Untuk mengatasi nyeri perut mulas karena salah makan dapat diredakan menggunakan jus wortel, jus ceria atau jus semangka. Setiap kali minum 1 gelas (200 ml) dengan selang waktu 10 hingga 15 menit sampai seluruh isi perut terkuras dan rasa nyeri hilang.
Makanan pemulih tenaga
Gejala lemah, lesu, letih, dan lelah secara gampang dihubungkan dengan anemia besi akibat yang timbul karena tubuh kekurangan asupan zat besi. Solusinya adalah makan makanan yang kaya zat besi yang dapat meningkatkan penyerapannya. Makanan yang kaya kabohidrat kompleks dan serat merupakan penyedia energy yang hemat sehingga tidak membuat cepat lelah seperti oat, beras merah, jagung, dan juga singkong. Kombinasikan dengan makanan yang kaya kalsium seperti tahu, teri kering tawar, yougurt rendah lemak, susu skim atau biji wijen.
Makanan penghambat kanker
Tempe mengandung zat obat yang termasuk dalam kelompok isoflavonoid, terutama genestien dan daidzen. Senyawa tersebut dapat mencegah tumbuhnya sel kanker yang berkaitan dengan hormone, khususnya kanker  payudara pada wanita dan kamker prostat pada pria. Makan tempe setiam hari sangat baik selain pada tempe senyawa lainnya tersimpan di susu kedelai.


No comments:

Post a Comment