Wednesday, April 22, 2015

Kuliner Yogyakarta yang Istimewa

Kuliner Yogyakarta yang Istimewa
Disetiap daerah pasti mempunyai cirri khas masing-masing termasuk kuliner daerah yang selalu menyedot perhatian setiap orang untuk sekedar singgah untuk mencicipi. Dewasa ini wisata kuliner telah menjamur dan menjadi ikon sebuah daerah terutama di Indonesia sendiri. Banyak daerah di Indonesia berbondong-bondong untuk dapat menyajikan kuliner daerah khas mereka untuk menarik banyak pengunjung di daerah tersebut. Tak heran bahwa pasar kuliner di daerah-daerah menjadi salah satu pemasok utama dalam kas pembangunan daerah dan pemerintah daerah pun tak segan-segan memberi dukungan pada para penggiat jasa kuliner untuk terus mengembangkan usaha dan omset mereka.
Kuliner Yogyakarta yang Istimewa
Kuliner Yogyakarta yang Istimewa

Kuliner Yogyakarta yang Istimewa
Kuliner Yogyakarta yang Istimewa

Kuliner Yogyakarta yang Istimewa
Kuliner Yogyakarta yang Istimewa

Kuliner Yogyakarta yang Istimewa
Kuliner Yogyakarta yang Istimewa


Kuliner daerah khas jogja
Yogyakarta telah menjadi salah satu daerah yang menarik banyak wisatawan baik wisatawan domestic maupun wisatawan asing. Tak tanggung-tanggung Yogyakarta menjadi daerah dengan urutan ke dua untuk tujuan wisata setelah Bali tentunya. Banyak objek wisata yang terdapat di daerah Yogyakarta dan semua selalu penuh dengan para pengunjung bahkan ketika sedang tidak pada musim liburan. Salah satu wisata yang menarik di Yogyakarta adalah wisata kulinernya yang benar-benar khas dan tidak ada di tempat lain.
Gudeg menjadi primadona kuliner daerah di Yogyakarta, banyak orang berbondong-bondong untuk menginjakan kaki di Yogyakarta hanya untuk menikmati hidangan manis nan gurih ini selain tempat-tempat wisata lainnya tentunya. Ada dua varian gudeg di Yogyakarta, pertama adalah gudeg nangka yang masih muda dan juga gudeg manggar atau bunga pohon kelapa. Gudeg juga hampir menjadi makanan sehari-hari untuk warga Yogyakarta sebab merupakan makanan yang mudah ditemui, biasa mereka memakan gudeg untuk sarapan sebelum memulai segala aktivitas dan membeli gudeg dipinggir jalan.
Namun untuk gudeg yang telah terkenal mereka biasanya membuak kedai makan atau rumah makan yang cukup mewah seperti Gudeg Yu Jum. Untuk penampilannya pun berbeda biasanya gudeg pinggir jalan hanya berupa nasi, telur atau ayan, gudeg, dan krecek sedangkan untuk gudeg yang berapa di rumah makan bisanya lebih lengkap dengan tambahan areh atau santan yang dimasuk sangat lama. Banyak juga wisatawan yang menggunakan gudeg sebagai oleh-oleh untuk teman maupun keluarga di daerah asal.

Selain gudeg kuliner daerah lain di Yogyakarta adalah bakpia dan juga coklat. Untuk bakpia jelas menjadi bahan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di daerah asal. Banyak sekali gerai bakpia yang dapat ditemui di hampir daerah Yogyakarta yang menjadi sentral oleh-oleh. Banyak pilihan bakpia yang dijual mulai dari Bakpia 75 hingga Bakpia 95. Untuk coklat salah satu khas dari daerah Yogyakarta adalah Coklat Monggo yang berasal dari coklat terbaik. Coklat Monggo dapat dijumpai di supermarket besar dan juga gerai Coklat Monggo sendiri di Kota Gedhe dan Tirtodipuran.

No comments:

Post a Comment