Responsive Ads Here

Thursday, April 16, 2015

Kenikmatan Masakan Khas Daerah



Kenikmatan Masakan Khas Daerah
Masakan khas Jawa Barat sekarang ini tidak hanya menjadi santapan masyarakat jawa barat saja namun telah menjadi santapan masyarakat Indonesia. Setiap orang mempunyai selera dan toleransi terhadap makanan sangat berbeda-beda. Ada sebagian orang yang memilih makanan hanya karena lapar semata namun tidak mengindahkan nilai gizi yang terdapat di dalam makanan tersebut. Untuk mencegah hal-hal tersebut alahkan baiknya untuk membuat makanan yang akan dikonsumsi sendiri. Paling tidak jika membuat makanan sendiri akan mengerti kadar yang terkandung dalam makanan tersebut dari pada membeli makanan. Beberapa resep masakan seperti sup, lauk-pauk, bahkan makanan penutup dapat ditemui di buku, majalah, atau internet.

 
Kenikmatan Masakan Khas Daerah
Kenikmatan Masakan Khas Daerah

Kenikmatan Masakan Khas Daerah
Kenikmatan Masakan Khas Daerah

Kenikmatan Masakan Khas Daerah
Kenikmatan Masakan Khas Daerah


Resep istimewa khas Jawa Barat
Masakan khas Jawa Barat menjadi salah satu masakan yang banyak digemari hampir seluruh masyarakat Indonesia. Beberapa resep masakan sederhana yang dapat disajikan sendiri di rumah antara lain tuung peda dan nasi pepes.
Resep masakan khas Jawa Barat yang pertama adalah tuung peda. Bahan-bahan yang diperlukan, 3 ekor ikan peda merah goreng hingga matang, 3 butir bawang merah iris tipis, 20 buah cabai rawit merah dan hijau, 2 batang serai memarkan, 4 lembar daun jeruk, 1 buah jagung manis rebus kemudian pipil, 10 mata petai iris tipis, 1 sendok garam, dan 1 sendok gula merah sisir.
Cara membuat masakan khas Jawa Barat ini adalah:
·         Campur bawang merah, cabai rawit, serai, daun jeruk, jagung manis, petai, daun kemangi, garam, dan gula merah. Aduk hingga rata.
·         Masukkan ikan peda dan sedikit minyak sisa goreng ikan peda. Aduk perlahan sehingga rata.
·         Letakkan ikan dan campuran bumbu ke dalam piring tahan panas.
·         Kukus selama 25 menit atau hingga matang dan bumbu menyerap.
·         Sajikan hangat dengan nasi hangat pula.
Resep masakan khas Jawa Barat selanjutnya adalah nasi pepes. Bahan-bahan yang diperlukan, 500 gram beras, 250 ml santan, 500 ml air, 5 lembar daun salam, 2 batang serai memarkan, 2 ikat daun kemangi, 10 buah cabai rawit hijau, 2 potong ikan jambal roti potong dadu kecil goreng setengah matang, 2 batang daun bawang iris tipis, garam secukupnya, daun pisang secukupnya. Pelengkap nasinya, ayam goreng, tempe goreng dan tahu goreng.
Cara membuatnya adalah:
·         Campurkan santan, air, garam, daun salam, serai. Masak hingga mendidih.
·         Masukkan beras masak hingga menjadi nasi aron dan angkat. Masukkan kemangi, cabai rawit, daun bawang, ikan jambal, lalu aduk rata.
·         Ambil selembar daun pisang lalu letakkan beberapa sendok nasi. Bungkus seperti pepes. Dan lakukan hingga bahan habis.
·         Kukus selama 30 menit hingga matang. Sajiakan hangat dengan pelengkap.

No comments:

Post a Comment