Responsive Ads Here

Wednesday, April 22, 2015

Hangatnya Bola-bola Anggur Biji Salak

Hangatnya Bola-bola Anggur Biji Salak
Bola-bola anggur biji salak, merupakan salah satu kudapan manis yang cocok untuk teman bersantai pada sore hari. Kudapan manis memang sangat cocok jika disandingkan dengan secangkir teh atau kopi. Kudapan manis memang sering disajikan pada sore hari untuk menemani waktu istirahat di rumah. Kudapan manis biasanya hanya berupa snack yang kaya akan rempah dan juga harum. Banyak bahan makanan yang bisa dijadikan kudapan manis seperti sarikaya, ubi merah, bahkan hingga ayam. Dan kudapan manis bisa berupa agar-agar, pudding, ongol-ongol, biji salak, kue bahkan hingga makanan khas daerah. Tak ada yang bisa menolak kudapan manis ketika sore hari sebab itulah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga.
Hangatnya Bola-bola Anggur Biji Salak
Hangatnya Bola-bola Anggur Biji Salak

Hangatnya Bola-bola Anggur Biji Salak
Hangatnya Bola-bola Anggur Biji Salak

Hangatnya Bola-bola Anggur Biji Salak
Hangatnya Bola-bola Anggur Biji Salak


Membuat bola-bola anggur biji salak
Salah satu makanan manis yang kaya akan rempah dan harum adalah bola-bola biji anggur biji salak. Kudapan manis ini makin istimewa jika disajikan secara hangat ketika cuaca mendung atau bahkan sudah hujan. Untuk membuat biji salaknya siapakan bahan-bahan seperti 250 gram ubi merah kukus kemudian dihaluskan, 50 gram tepung kanji, dan 1/5 sendok teh garam. Bahan yang diperlukan untuk bola-bola anggurnya adalah 250 gram ubi ungu kukus kemudian dihaluskan, 25 gram tepung kanji, dan 1/5 teh garam. Untuk bahan kuah yang hangat dan manis dibutuhkan 600 ml air, 2 lembar daun pandan, 3 cm jahe kemudian memarkan, 25 gram gula pasir, ½ sendok  teh garam, 1 sendok makan tepung sagu ditambah 3 sendok makan air kemudian dicampur, dan 250 ml santan masak dari ¼ butir kelapa. Untuk bahan susu gula merah cukup menggunakan 250 gram gula merah kemudian potong-potong, 75 ml air, dan 1 sendok teh tepung kanji ditambah dengan 1 sendok makan air.
Cara membuat bola-bola anggur biji salak
Cukup mudah untuk membuat bola-bola anggur biji salak hanya dengan menggunakan 6 langkah sederhana.
·         Campurkan ubi merah, tepung kanji, dan garam. Kemudian aduk hingga rata kemudian bulatkan sebesar kelerang dan sisihkan.
·         Campurkan ubi ungu, tepung kanji, dan juga garam. Kemudian aduk hingga rata dan bulatkan sebesar kelereng lalu sisihkan.
·         Didihkan air dalam panci lalu masukkan daun pandan, jahe, gula pasir, dan juga garam.
·         Masukkan bola-bola ubi merah dan juga ubi ungu hingga semua bola-bola matang dan mengapung.
·         Masukkan tepung sagu dan juga air, aduk hingga rata. Kemudian masukkan santan masak hingga mendidih. Setelah mendidih angkat panci dan biarkan hingga dingin.
·         buat saus gula merah dengan masak gula merah, dan air hingga mendidih kemudian angkat dan saring. Masukkan tepung kanji dan juga air lalu angkat.

·         Sajikan bola-bola anggur biji salak dengan saus gula merah.

No comments:

Post a Comment