Responsive Ads Here

Wednesday, April 22, 2015

Gorengan Manis Kacang Hijau dan Tape

Gorengan Manis Kacang Hijau dan Tape
Gorengan manis adalah jenis gorengan yang biasanya terbuat dari buah-buahan seperti pisang atau nanas. Gorengan adalah kudapan snack yang sangat diminati oleh semua kalangan karena renyah dan juga mengenyangkan. Kudapan snack memang sangat cocok jika disandingkan dengan secangkir teh atau kopi dan disajikan pada sore hari sambil menikmati waktu beristirahat bersama dengan keluarga. Gorengan adalah makanan yang banyak dijumpai di setiap wilayah di Indonesia. Para penjual gorengan juga dapat ditemui hampir di sepanjang jalan, biasanya mereka menjual beraneka macam gorengan dari yang gurih hingga gorengan manis.
Gorengan Manis Kacang Hijau dan Tape
Gorengan Manis Kacang Hijau dan Tape

Gorengan Manis Kacang Hijau dan Tape
Gorengan Manis Kacang Hijau dan Tape


Gorengan manis dari kacang dan tape
Ada beberapa jenis gorengan manis yang bisanya terbuat dari buah seperti pisang, kacang-kacangan atau tape. Sama seperti jenis gorengan asin, gorengan manis juga terbalut tepung yang tebal dan renyah. Salah satu gorengan manis yang terbuat dari kacang-kacangan adalah panada kacang hijau. Gorengan ini mudah untuk dibuat dengan bahan-bahan kulit berupa ragi instan 1 sendok makan, air hangat 25 ml, tepung terigu 250 gram, telur ayam 1 butir, gula pasir 2 sendok makan, garam ½ sendok teh, susu cair 100 ml, dan minyak goreng 600 ml. Sedangkan untuk isi bahan-bahannya adalah kacang hijau kupas 50 gram kemudian rebus, gula pasir 100 gram, garam ½ sendok teh, dan margarine 1 sendok makan.
Cara membuat panada kacang hijau.
·         Campur ragi instan dan air kemudian aduk hingga larut dan sisihkan.
·         Campur terigu, telur ayam, gula pasir, garam, susu cair, dan larutan ragi kemudian aduk rata.
·         Uleni adonan hingga kalis. Diamkan adonan selama 1 jam hingga mengembang.
·         Isi, haluskan kacang hijau, gula pasir dan garam, tambahkan margarine lalu aduk rata.
·         Potong-potong adonan 20 gram lalu tipiskan. Letakkan 1 sendok teh adonan isi kemudian bulatkan adonan lalu bentuk sesuai selera.
·         Goreng adonan dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Selain panada kacang hijau, gorengan manis lainnya adalah bola tape isi. Bahan-bahan yang diperlukan adalah tape singkong 250 gram dan haluskan, susu kental manis 3 sendok makan, meses 5 sendok makan, keju cheddar 50 gram parut, dan minyak goreng 500 ml. Untuk pelapisnya tepung terigu 50 gram, air 75 ml, garam ½ sendok teh.
Cara untuk membuat bola tape isi.
·         Campurkan tape halus dan susu kemudian aduk rata.
·         Ambil satu sendok makan adonan dan tipiskan. Isi meses lalu bulatkan menyerupai bola lalu sisihkan.
·         Pelapis, campur tepung terigu, air dan garam lalu aduk rata.
·         Goreng bola tape dalam minyak banyak panas. Angkat dan tiriskan kemudian taburi permukaan dengan keju parut dan sajikan.



No comments:

Post a Comment