Responsive Ads Here

Wednesday, April 22, 2015

Asam Manis Bola Ikan Bihun ala Vietnam

Asam Manis Bola Ikan Bihun ala Vietnam
Bola ikan bihun ala Vietnam merupakan menu untuk anak selanjutnya yang menyehatkan dan juga tak akan ditolak oleh para anak-anak sebab rasanya yang menggugah selera. Makanan untuk anak harus selalu diperhatikan sebab mereka membutuhkan makanan untuk tumbuh dan berkembang. Makanan yang sehat bukan hanya untuk orang dewasa namun juga berguna untuk anak-anak. Sayangnya banyak anak yang pola makan mereka tidak seimbang, kebanyakkan ketidak seimbangan karena sebagian besar anak-anak tidak menyukai sayuran dan juga buha-buahan tertentu yang bagus untuk perkembangan tubuh mereka. Para orang tua dituntut untuk pandai-pandai bereksperimen untuk menciptakan makanan yang disukai anak namun mengandung unsure-unsur untuk tumbuh kembang mereka seperti menyembunyikan sayuran hingga anak-anak tidak merasakan memakan sayuran jenis tertentu dalam makanan yang mereka makan.
Asam Manis Bola Ikan Bihun ala Vietnam
Asam Manis Bola Ikan Bihun ala Vietnam

Asam Manis Bola Ikan Bihun ala Vietnam
Asam Manis Bola Ikan Bihun ala Vietnam

Asam Manis Bola Ikan Bihun ala Vietnam
Asam Manis Bola Ikan Bihun ala Vietnam


Bola ikan bihun ala Vietnam
Bola ikan bihun ala Vietnam mingkin menu yang cukup asing untuk telinga para orang tua di Indonesia namun jangan salah menu ini tergolong sehat sebab mengandung lemak omega 3 yang baik untuk anak-anak yang sedang berkembang kemampuan otaknya. Bahan-bahan untuk membuat bola ikan bihun ala Vietnam adalah 8 batang daun bawang (4 dipotong halus dan 4 dipotong serong), 500 gram daging ikan kakap dan cincang kasar, 2 sendok makan pasta kari, garam dan merica secukupnya, 200 gram bihun (rendam di dalam air mendidih sampai empuk dan tiriskan. Tambahkan 1 sendok teh minyak hingga terburai), 2 sendok makan minyak kacang tanah, dan 4 batang daun mint iris halus. Bahan saus vietman, 3 sendok makan sari jeruk nipis, 2 sendok makan gula pasir, 125 ml air matang, 2 ½ sendok makan fish sauce, 1 siung kecil bawang putih dan cincang halus, 1 buah cabai merah besar.
Cara membuat bola ikan ala Vietnam
·         Saus Vietnam, campurkan sari jeruk nipis, gula pasir, air, aduk sampai gula larut. Tambahkan gula pasir dan jeruk nipis untuk mendapatkan rasa asam manis lalu masukkan fish sauce, bawang putih, dan cabai merah. Saus harus terasa asam, manis, asin dan agak pedas.
·         Masukkan ikan ke dalam blender dan blender hingga halus. Campurkan ikan, pasta kari, daun bawang iris halus di dalam mangkuk besar tambahkan garam dan merica dan bentuk menjadi bola-bola.
·         Panaskan sisa minyak di dalam wajan anti lengket dengan menggunakan api sedang. Masukkan bola ikan dan masak hingga berwarna kecoklatan dan matang dengan sempurna.
·         Masukkan saus Vietnam, daun mint, dan irisan daun bawang pada bihun dan aduk hingga tercampur. Kemudian bagi bihun menjadi empat mangkuk dan tambahkan 4 bola-bola ikan lalu sajikan selagi hangat.



No comments:

Post a Comment