Thursday, May 14, 2015

Menyiapkan Bahan-bahan Kue Kering

Menyiapkan Bahan-bahan Kue Kering
Untuk membuat kue kering sendiri harus pintar-pintar dalam menentukan bahan kue kering yang akan digunakan. Sekitar 3 bulan kedepan akan memasuki Lebaran bagi para umat Islam di dunia. Khususnya di Indonesia, Lebaran menjadi hal yang paling ditunggu sebab waktu inilah semua orang akan berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga besar. Untuk menyambut acara kumpul keluarga ketika Lebaran tiba, maka akan dipersiapkan banyak hidangan special yang menjadi jamuan. Baik jamuan utama maupun panganan-panganan kecil haruslah istimewa dan menggugah selera, salah satu hidangan yang wajib dihidangkan adalah kue kering.

Menyiapkan Bahan-bahan Kue Kering
Menyiapkan Bahan-bahan Kue Kering

Menyiapkan Bahan-bahan Kue Kering
Menyiapkan Bahan-bahan Kue Kering

Menyiapkan Bahan-bahan Kue Kering
Menyiapkan Bahan-bahan Kue Kering


Kue kering boleh dibilang adalah hidangan wajib rumahan ketika waktu Lebaran. Banyak orang yang lebih memilih membuat kue kering sendiri, agar tidak gagal alahkah baiknya memilih bahan kue kering yang terbaik.
·         Tepung, merupakan bahan kue kering paling pokok. Pilihlah tepung berprotein rendah atau tepung yang berprotein sedang. Takar jumlahnya mengikuti resep agar tidak terlalu banyak menggunakan tepung sebab kue kering akan menjadi keras. Namun juga jangan terlalu sedikit sebab kue kering akan kurang renyah.
·         Gula adalah bahan kue kering yang kedua setelah tepung. Segala jenis gula bisa dipakai untuk membuat kue kering seperti gula pasir, gula halus, gula palem, dan brown sugar. Hati-hati bila mengurangi takaran gula sebab kue kering yang kurang gula warnannya kurang kecoklatan.
·         Telur, merupakan bahan kue kering selanjutnya. Untuk membuat kue kering bisa menggunakan kuning telur saja atau menggunakan putih telur saja atau bahkan bisa menggunakan keduanya. Kuning telur membuat kue menjadi empuk dan putih telur membuat kue menjadi keras. Telur merupakan salah satu bahan penting sebeb memberikan kelembabab, aroma, nilai gizi dan membangun struktur kue.
·         Bahan pemuai, adalah bahan kue kering selanjutnya. Kadang untuk membuat kue kering bertambah renyah sering ditambah dengan baking powder terutama untuk kue kering yang mengandung bahan alkali (asam) seperti coklat bubuk. Jangan kaget bila kue kering akan melebar saat dipanggangan sebab memang seperti itu kue kering yang akan dihasilkan jika menggunakan baking powder. Hati-hati jika menggunakan bangking powder sebab jika kebanyakan akan menyebabkan kue terasa pahit.
·         Lemak bisa didapatkan dengan menggunakan margarine, mentega, shortening, atau minyak. Khusus untuk mentega dan margarine dapat membuat kue kering menjadi lebih kaya aroma dan citarasa. Kebanyakan lemak akan menbuat kue kering lebar saat dipanggang, namun jika terlalu sedikit lemak akan membuat kue kering keras.

·         Bahan kue kering selanjutnya adalah susu, kulit jeruk, rempah-rempah, kacang-kacangan, dan juga kenari yang merupakan bahan tambahan untuk membuat kue kering. Untuk susu biasanya menggunakan susu bubuk atau susu kental manis, namun tetap harus menguikuti komposisi dalam resep.

No comments:

Post a Comment