Responsive Ads Here

Wednesday, May 13, 2015

Hidangan Lezat ala Negeri Spanyol

Hidangan Lezat ala Negeri Spanyol
Budaya bangsa Spanyol mungkin belum terlalu berkembang di Indonesia namun telah ada sejak bertahun-tahun yang lalu sebab bangsa Spanyol memang pernah menjajah Hindia Belanda atau Indonesia sekarang. Salah satu budaya Spanyol yang berkembang di Indonesia adalah hidangan Spanyol seperti lamb and herb casserole dan bolas de berlim.
Hidangan Lezat ala Negeri Spanyol
Hidangan Lezat ala Negeri Spanyol

Hidangan Lezat ala Negeri Spanyol
Hidangan Lezat ala Negeri Spanyol

Hidangan Lezat ala Negeri Spanyol
Hidangan Lezat ala Negeri Spanyol


Resep hidangan khas Spanyol
Resep hidangan Spanyol yang pertama adalah lamb and herb casserole. Bahan yang dibutuhkan  untuk membuat adalah 2 sendok makan minyak zaitun, 1 buah bawang Bombay yang dicincang halus, 2 siung bawang putih yang dicincang halus, 500 gram daging kambing (potong-potong), 1 sendok teh cabai bubuk, 1 sendok teh paprika bubuk, 2 buah paprika merah yang dicincang halus, 1 sendok makan dry white wine, ½ sendok the rosemary, 500 ml kaldu, dan 1 sendok teh daun mint yang dicincang halus. Seluruh bahan ini dapat digunakan untuk 6 porsi lamb and herb casserole.
Cara membuat hidangan Spanyol ini adalah:
·         Pertama, tumis bawang Bombay dan juga bawang putih dalam minyak zaitun sampai harum. Kemudian masukkan kambing dan masak hingga matang dan kecoklatan.
·         Langkah kedua, masukkan cabai bubuk, paprika bubuk, kaldu dan juga wine putih lalu masak hingga mendidih.
·         Langkah ketiga adalah tuangkan ke dalam pinggan yang tahan panas. Kemudian taburi dengan rosemary, paprika cincang dan juga mint. Setelah itu panggang selama 45 menit. Angkat dan sajikan selagi hangat.
Resep hidangan Spanyol selanjutnya adalah bolas de berlim. Bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat makanan manis ini adalah 11 bungkus ragi instan, 75 gram gula pasir, 375 gram tepung terigu berpotrein tinggi, 150 ml susu, ½ sendok teh garam, 75 gram mentega, 1 butir telur, 1 kuning telur, 100 gram selai strawberry, minyak untuk menggoreng, dan juga gula pasir halus. Seluruh bahan ini dapat digunakan untuk 16 buah bolas de berlim.
Cara membuat hidangan Spanyol manis ini adalah:
·         Langkah pertama adalah aduk ragi, gula, tepung, garam kemudian tuangkan susu sambil diuleni.
·         Langkah kedua adalah masukkan telur dan juga mentega. Uleni terus hingga benar-benar kalis. Diamkan selama 1 jam hingga adonan mengembang.
·         Langkah ketiga adalah bagi adonan menjadi 16 bagian kemudian issi dengan menggunakan selai strawberry lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.

·         Langkah terakhir adalah panaskan minyak dalam penggorengan lalu goreng adonan hingga kecoklatan lalu sishkan dan dinginkan. Setelah dingin tata bolas de berlin dalam piring saji dan taburi dengn taburan gula pasir halus. Sajikan bersama dengan secangkir teh atau kopi hangat.

No comments:

Post a Comment