Responsive Ads Here

Wednesday, April 22, 2015

Sup Jali Sayur Makanan Kaya Nutrisi

Sup Jali Sayur Makanan Kaya Nutrisi
Salah satu makanan yang terbuat dari biji jali yang sangat menyehatkan adalah sup jali sayur. Biji jali biasanya dibuat menjadi minuman atau dessert contohnya seperti bubur jail. Biji jali termasuk dalam jenis padi-padian yang mengdung banyak nutrisi dan bisa dijadikan beberapa hidangan seperti sup, bubur, salad, atau stew. Selain itu juga dapat dibuat menjadi cake, muffin atau snack lainnya seperti campuran isi lumpia. Biji jali rendah indeks glikemiks dan melepaskan glukosa secara perlahan dan stabil ke dalam aliran darah dibanding makan seperti roti putih dan merasa kenyang lebih lama. Biji jali juga mempunyai banyak kandungan nutrisi seperti serat, protein, vitamin B kompleks, phosphorus, zat besi, selenium, dan copper.


Sup Jali Sayur Makanan Kaya Nutrisi
Sup Jali Sayur Makanan Kaya Nutrisi

Sup Jali Sayur Makanan Kaya Nutrisi
Sup Jali Sayur Makanan Kaya Nutrisi



Membuat sup jali sayuran
Sup jali sayuran merupakan makanan lezat yang kaya akan nutrisi dan tentunya mudah untuk dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapat pula di pasaran. Bahan-bahan untuk membuat sup jali sayuran adalah 2 buah wortel kemudian iris dadu kecil, 2 batang seledri kemudian iris kecil, 2 batang daun bawang lalu belah menjadi dua memanjang dan iris-iris, 3 siung bawang putih dan cincang kasar, 200 gram jali kemudian cuci hingga bersih lalu rendam selama 2 jam, 2 lembar daun salam, garam dan merica bubuk secukupnya, 1 liter kaldu sayuran kemudian panaskan, 1 buah brokoli kecil dan potong kuntum, 1 genggam peterseli cincing kasar, 5 cm jahe dan iris-iris, 1/8 sendok teh cabai bubuk, 1 sendok makan minyak canola. Untuk bahan kaldu sayur atau consome mirepoix sipapkan 2 buah wortel dan kemudian cincang, 3 batang seledri yang disimpul, 2 lembar daun salam, ½ buah bawang Bombay kemudian cincang, 1200 ml air, dan 2 batang daun bawang yang telah diiris tipis. Masak semua bahan kaldu sayur dengan menggunkaan api kecil selama 1 jam dan jika telah mendidih maka saring airnya.
Cara membuat sup jali sayuran cukup mudah hanya dengan mengikuti 3 langkah sederhana.
·         Langkah pertama adalah panaskan minyak di dalam panci besar kemudian tumis daun bawang. Berikan ½ sendok teh garam lalu masukkan wortel, seledri, dan tumis selama 2 menit kemudian tambahkan jali dan aduk-aduk selama 30 detik. Tuangkan kaldu sayur yang masih panas, lalu beri jahe, daun salam (tambahkan air jika perlu) dan bawang putih. Masak hingga mendidih dan jali empuk.
·         Langkah kedua adalah masukkan brokoli dan peterseli. Jangan lupa cicipi jika dirasa masih kurang maka lebih baik menambahkan garam dan merica.
·         Langkah terakhir adalah buang daun salam dan juga jahe. Maka sup jali sayuran siap disajikan dengan taburan cabai merah bubuk di atasnya.



No comments:

Post a Comment