Responsive Ads Here

Thursday, April 16, 2015

Resep Khas Sajian Berbahan Ayam



Resep Khas Sajian Berbahan Ayam
Sajian berbahan ayam memang mudah sekali ditemui di hampir seluruh rumah makan di penjuru dunia. Mulai dari rumah makan pinggir jalan hingga restoran bintang lima sekalipun menu yang satu ini tak mungkin jika tidak ada.
Resep sajian berbahan ayam ayam yang pertama adalah sayap ayam kecap. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat makanan ini adalah 8 buah sayap ayam, garam dan merica bubuk secukupnya, 1 sendok makan sari jeruk nipis, 1 sendok makan minyak canola, 2 cm jahe lalu iris-iris, 3 siung bawang putih cincang, 4 butir bawang merah cincang, 2 batang daun bawang potong 2 cm, ½ gelas air, 1 sendok tepung kanji + 1 sendok makan air, 3 sendok makan kecap asin, dan 1 sendok makan saus tiram. Sedangkan untuk taburannya, lada hitam bubuk secukupnya dan 2 batang daun bawang potong 2 cm.

 
Resep Khas Sajian Berbahan Ayam
Resep Khas Sajian Berbahan Ayam

Resep Khas Sajian Berbahan Ayam
Resep Khas Sajian Berbahan Ayam

Resep Khas Sajian Berbahan Ayam
Resep Khas Sajian Berbahan Ayam

Cara membuat sajian berbahan ayam ini adalah :
·         Campur sayap ayam dengan garam, merica dan sari jeruk nipis lalu diamkan 10 menit.
·         Panaskan 1 sendok makan minyak lalu tumis jahe, bawang putih, bawang merah, daun bawang hingga layu.
·         Masukkan sayap ayam lalu aduk-aduk hingga rata dan kecoklatan. Masukkan air lalu masak sampai matang dan juga empuk hingga air mengering.
·         Masukkan larutan kanji, kecap asin, saus tiram, dan adauk hingga rata.
·         Angkat lalu tabi lada hitam dan daun bawang. Sajikan selagi panas dengan nasi yang hangat.
Resep sajian berbahan ayam selanjutnya adalah ayam caramel ala Vietnam. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 600 gram ayam tanpa tulang dan juga tanpa kulit, 2 sendok makan minyak sayur, 4 siung bawang putih cincang, 1 inci jahe segar kupas dan iris, 2 hingga 3 butir bawang merah cincang, 1 hingga 3 buah cabai Thailand iris, 3 sendok makan fish sauce, 2 sendok makan palm sugar atau brown sugar, 1 sendok makan gula pasir, ½ sendok teh lada hitam bubuk, ¼ cup air. 6-8 batang daun bawang iris 2 panjang 2 inci.
Cara membuatnya adalah :
·         Ayam dipotong ukuran besar.
·         Panaskan minyak dengan api sedang. Masukkan ayam, aduk hingga ayam tidak berwarna pink lagi. Dorong ayan ke tepi, masukkan bawang putih, jahe, bawang merah, cabai. Masak hingga layu.
·         Campur fish sauce, gula, dan lada dalam mangkuk dan aduk rata.
·         Campur ayam dengan bahan yang telah ditumis dan beri campuran fish sauce. Aduk hingga berlapis dan didihkan selama 2 menit beri air. Kecilkan api dan masak hingga saus mengental dan ayam matang. Taburi daun bawang.
·         Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

No comments:

Post a Comment