Wednesday, April 22, 2015

Gurihnya Mento Hangat dan Segar

Gurihnya Mento Hangat dan Segar
Mento merupakan salah satu kudapan gurih pembangkit selera khas daerah yang cocok dijadikan pendamping kopi. Kudapan manis memang sangat cocok jika disandingkan dengan secangkir teh atau kopi. Kudapan manis memang sering disajikan pada sore hari untuk menemani waktu istirahat di rumah. Kudapan manis biasanya hanya berupa snack yang kaya akan rempah dan juga harum. Banyak bahan makanan yang bisa dijadikan kudapan manis seperti sarikaya, ubi merah, bahkan hingga ayam. Dan kudapan manis bisa berupa agar-agar, pudding, ongol-ongol, biji salak, kue bahkan hingga makanan khas daerah. Tak ada yang bisa menolak kudapan manis ketika sore hari sebab itulah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga.
Gurihnya Mento Hangat dan Segar
Gurihnya Mento Hangat dan Segar

Gurihnya Mento Hangat dan Segar
Gurihnya Mento Hangat dan Segar


Membuat kudapan mento
Mento adalah makanan yang sangat cocok disantap ketika sore hari dengan didampingi oleh secangkir teh atau kopi. Kudapan ini berasa gurih dengan kuah santan yang kental dan cocok disajikan hangat pada cuaca yang dingin. Untuk membuat kulit mento membutuhkan bahan-bahan 200 gram terigu, 2 butir telur, 400 ml santan encer dari ¼ butir kelapa, garam secukupnya dan 1 sendok makan minyak canola. Sedangkan bahan untuk isi mento adalah 250 gram daging ayam cincang, 75 ml santan kental dari ¼ butir kelapa, dan 2 sendok makan minyak canola. Dan bahan untuk bumbu halusnya 2 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, 1 sendok teh ketumbar bubuk, 1 sendok teh jintan bubuk, dan garan juga merica secukupnya. Sedangkan untuk kuah santan gunakan 200 ml santan kental dari ¼ butir kelapa, ½ sendok teh garam, ¼ sendok teh merica bubuk. Bahan lainnya yang harus disiapkan adalah daun pisang dan lidi secukupnya dan 2 lembar daun pandan kemudian potong 4 cm.
Cara membuat mento cukup mudah hanya menggunakan 6 langkah.
·         Untuk membuat kulit campurkan terigu, telur, santan, garam, dan juga minyak kemudian aduk hingga rata
·         Buat kulit dadar di atas panci anti lengket kemudian sisihkan.
·         Untuk isiannya, tumis bumbu halus sampai harum. Kemudian masukkan daging ayam dan juga santan. Lalu aduk hingga rata sampai agak kering dan kemudian sisihkan.
·         Langkah selanjutnya, siapkan lembar kulit dan beri 1 sendok makan isian kemudian lipat kiri dan kanan lalu gulung. Lakukan hingga lembar kulit dan juga isian habis.
·         Langkah kelima adalah siapkan 2 lembar daun pisang kemudian beri 1 potong daun pandan. Masukkan 1 potong dadar yang telah diisi kemudian tuangi 2 sendok makan kuah santan, lalu bungkus dan sematkan dengan lidi.
·         Terakhir adalah kukus bungkusan tersebut selama kurang lebih 20 menit hingga matang. Kemudian angkat dan sajikan selagi hangat.


No comments:

Post a Comment