Wednesday, April 22, 2015

Tumis Sayur Rempah Menyehatkan Badan

Tumis Sayur Rempah Menyehatkan Badan
Menu masakan berbahan dasar sayur lainnya yang juga digemari adalah tumis sayur. Setiap orang mempunyai selera dan toleransi terhadap makanan sangat berbeda-beda. Untuk mencegah hal-hal tersebut alahkan baiknya untuk membuat makanan yang akan dikonsumsi sendiri. Beberapa resep masakan seperti sup, lauk-pauk, bahkan makanan penutup dapat ditemui di buku, majalah, atau internet.
Tumis Sayur Rempah Menyehatkan Badan
Tumis Sayur Rempah Menyehatkan Badan

Tumis Sayur Rempah Menyehatkan Badan
Tumis Sayur Rempah Menyehatkan Badan

Tumis Sayur Rempah Menyehatkan Badan
Tumis Sayur Rempah Menyehatkan Badan


Resep tumis sayur sehat
Tumis sayur tak kalah lezat dari tumis ayam, daging maupun tumis ikan. Tentu saja menu masakan ini juga mudah untuk disajikan sendiri di rumah. Beberapa resep tumis sayur seperti oyong jamur masak kulit tahu dan tumis kapri manis jamur jahe, mudah di sajikan dengan bahan yang banyak terdapat di pasar.
Resep tumis sayur yang pertama adalah oyong jamur masak kulit. Bahan yang perlu dipersiapkan, 1 buah oyong atau sekitar 300 gram kupas dan potong juring 5 cm, 425 gram jamur kancing, 5 buah kulit tahu potong-potong goreng kuning keemasan, 1 sendok teh bawang putih cincang, minyak sayur secukupnya. Bumbu, 1 sendok makan saus tiram, ¼ sendok teh merica putih bubuk, 1 buah kaldu ayam blok haluskan, 250 air. Sedangkan bahan pengental, 1 sendok teh maizena + 2 sendok makan air.
Cara membuatnya adalah :
·         Tata kulit tahu goreng di atas piring. Lalu sisihkan.
·         Panaskan 1 sendok minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan ayong dan aduk rata. Tambah jamur dan bumbu lalu masak selama 5 menit. Masukkan larutan pengental aduk rata dan tuang ke atas kulit tahu.
·         Sajikan selagi hangat dengan nasi putih.
Resep yang kedua dari tumis sayur adalah tumis kapri manis jamur jahe. Bahan yang disiapkan, 6 buah jamur shitake segar buang tangkai dan iris ½ cm, 300 gram kapri manis potong ujung dan buang serat, 1 sendok makan munjung irisan jahe segar, ¼ sendok teh garam, 1 sendok makan + 1 sendok teh minyak canola, 1 sendok teh biji wijen untuk hiasan. Bahan untuk dicampur, 2 sendok makan soy sauce, ½ sendok teh minyak wijen, dan 2 sendok makan air.
Cara membaut tumis sayur ini adalah:
·         Panaskan pan dengan api sedang sekitar 30 detik. Masukkan 1 sendok makan minyak canola. Setelah minyak panas, masukkan jamur shitake dan aduk hingga berwarna coklat selama 1 menit. Tambah jahe kemudian aduk selama 2 menit.

·         Tambah 1 sendok teh minyak canola. Masukkan kapri dan garam aduk selama 30 menit. Masukkan campuran soy sauce, lalu aduk hingga kapri garing dan cairan berkurang. Sajikan selagi hangat dengan taburan wijen di atasnya dan nasi.

No comments:

Post a Comment